Dampak Psikologi Bela Diri

Meskipun ada sejumlah data empiris yang layak tentang manfaat fisik dari pelatihan seni bela diri, efek psikologis dan sosial yang lebih jelas. Efek jangka panjang pelatihan seni bela diri masih diselidiki, dan ada sejumlah studi yang menarik. Sebagian besar penelitian yang telah dilakukan adalah serupa dengan menunjukkan bahwa pelatihan seni bela diri umumnya menyebabkan penyesuaian psikologis dan sosial yang positif.

Salah satu aspek psikologis yang paling menguntungkan dari latihan seni bela diri adalah peningkatan kepercayaan diri. Banyak orang Amerika hidup dalam ketakutan diserang. Banyak orang merasa tidak aman ini berjalan menyusuri jalan di malam hari, atau menghadapi pengganggu di sekolah. Belajar pertahanan diri meningkatkan selfconfidence praktisi dengan mengambil perasaan mereka kerentanan. Tujuannya bukan untuk mengajarkan orang untuk melawan orang yang membantah atau tidak setuju, tetapi untuk mengajarkan mereka untuk membela diri bila diperlukan. Seseorang dapat menilai situasi dengan lebih jelas dan bertindak dengan tepat. Ketika dihadapkan dengan situasi kompromi, mereka mampu membela diri harus perlu menggunakan kekuatan fisik lebih sering daripada mereka yang tidak bisa mempertahankan diri.

Kebanyakan penelitian tentang efek jangka panjang dari latihan seni bela diri setuju bahwa seni bela diri yang afektif dalam memproduksi perubahan sosial dan psikologis positif. Biasanya ada hubungan terbalik antara jumlah kali seseorang telah berlatih, dan tingkat agresi mereka, permusuhan, dan kecemasan. sebaliknya dapat dikatakan tentang kemerdekaan, kemandirian, dan kepercayaan diri para praktisi, yang cenderung meningkat dengan jangka waktu mereka telah pelatihan. Beberapa seni bela diri membawa manfaat psikologis lebih cepat daripada yang lain. Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa selama periode waktu yang singkat, siswa beladiri mengalami penurunan kecemasan.

Perbedaan antara seni bela diri dan olahraga yang teratur mungkin bertanggung jawab atas kemampuan mereka untuk secara signifikan meningkatkan kesehatan sosial dan psikologis. Pelatihan seni bela diri. Ini termasuk kebugaran fisik, koordinasi pembangunan, dan interaksi sosial. Seni Timur, bagaimanapun, berbeda dalam fokus mereka pada pengembangan keseluruhan praktisi. Sementara seni bela diri cenderung berusaha menuju kontrol diri dan self-knowledge, olahraga banyak Barat hanya berfokus pada persaingan antara individu dan kelompok.

Seni bela diri juga cenderung berfokus pada pikiran / integrasi tubuh melalui kombinasi meditasi dan aktivitas fisik. Sementara olahraga teratur telah terbukti memiliki pengaruh psikologis yang positif, penelitian yang membandingkan secara langsung seni bela diri dengan olahraga teratur menunjukkan manfaat psikologis yang lebih besar dan lebih beragam melalui pelatihan seni bela diri.

Penelitian membuktikan bahwa aspek non-fisik dari seni bela diri berkontribusi terhadap manfaat jangka panjang. Penggunaan seni bela diri untuk sifat terapeutik mereka juga sedang diselidiki secara menyeluruh, dan mudah-mudahan akan terbukti sangat produktif dalam waktu dekat. Banyak psikolog bersedia mengakui bahwa di bawah pengawasan yang tepat, seni bela diri bisa menjadi bentuk yang sangat membantu psikoterapi, seperti Kegiatan yang dilakukan KSBT Maenpo.



0 komentar:

Posting Komentar